Senin, 22 Oktober 2012

Teknik Graph Coloring

Ketika digunakan tanpa kualifikasi apapun, suatu pewarnaan grafik hampir selalu merupakan pewarnaan titik yang tepat, yaitu pelabelan's vektor grafik dengan warna sehingga tidak ada dua titik berbagi sama sisi memiliki warna yang sama. Since a vertex with a loop could never be properly colored, it is understood that graphs in this context are loopless. Sejak sebuah node dengan loop pernah bisa baik berwarna, dapat dimengerti bahwa grafik dalam konteks ini adalah loopless.

The terminology of using colors for vertex labels goes back to map coloring. Terminologi penggunaan warna untuk label vertex akan kembali ke pewarnaan peta. Labels like red and blue are only used when the number of colors is small, and normally it is understood that the labels are drawn from the integers {1,2,3,...}. Label seperti merah dan biru hanya digunakan ketika jumlah warna adalah kecil, dan biasanya dapat dimengerti bahwa label ditarik dari bilangan bulat (1,2,3 ,...}.

A coloring using at most k colors is called a (proper) k -coloring . Sebuah pewarnaan menggunakan warna k pada kebanyakan disebut (yang benar) k-mewarnai. The smallest number of colors needed to color a graph G is called its chromatic number , χ( G ). Jumlah warna terkecil yang diperlukan untuk warna grafik G disebut nomor berwarna nya, χ (G). A graph that can be assigned a (proper) k -coloring is k -colorable , and it is k -chromatic if its chromatic number is exactly k . Sebuah grafik yang dapat diberikan (yang benar) k-k-pewarnaan yg berhasil, dan itu adalah k-kromatis jika nomor berwarna adalah persis k. A subset of vertices assigned to the same color is called a color class , every such class forms an independent set . Sebuah subset dari vektor yang ditetapkan ke warna yang sama disebut sebagai kelas warna, setiap kelas seperti membentuk set independen . Thus, a k -coloring is the same as a partition of the vertex set into k independent sets, and the terms k-partite and k-colorable have the same meaning. Jadi, k-warna adalah sama dengan partisi dari titik set ke k set independen, dan istilah-partite k dan k- yg berhasil memiliki arti yang sama.

Untuk mewarnai graf, kita dapat mewarnai dengan cara sebagai berikut :

1. Untuk inisialisasi, catat semua vertex yang ada beserta derajat tiap vertex.

2. Urutkan vertex berdasarkan derajatnya dari besar ke kecil.

3. Cari vertex dengan derajat terbesar dan belum terwarnai, berikan warna ke vertex tersebut.

4. Cari vertex lain yang belum diwarnai, tidak adjacent dengan vertex langkah nomer 3, dan tidak

adjacent dengan vertex berwarna sama.

5. Ulangi ke langkah nomer 3 sampai semua vertex terwarnai.

0 komentar:

Posting Komentar